Tidur bisa Membakar Kalori

Tahukah Anda? Ternyata Tidur bisa Membakar Kalori Tubuh

Tidur bisa Membakar Kalori – Tahukah Anda jika aktivitas tidur itu bisa membakar kalori tubuh? Ya, tidur yang cukup bisa membantu meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh. Dilansir dari laman time.com, per satu jam kita tidur, kalori yang dibakar bisa mencapai 50 sampai 100 kalori.

Matthew Walker, profesor psikologi dan neurosains di University of California, Berkeley mengatakan, “Tidur malam yang cukup merupakan salah satu faktor yang sering terlupakan dalam kaitannya menjaga berat badan sehat.”

Walker juga menambahkan bahwa saat tidur, otak kita bisa sama aktifnya bahkan bisa lebih aktif dibandingkan saat kita terjaga. Para ahli mengungkap bahwa tidur yang cukup bisa menjaga metabolisme yang sehat.

Dalam sebuah penelitian tahun 2012 yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine memperlihatkan ketika sekelompok kecil pria dan wanita hanya tidur empat jam per malam, tubuhnya akan menjadi resistensi insulin (kondisi di mana insulin (hormon yang disekresi oleh pankreas untuk mengontrol level gula darah dalam tubuh)tidak lagi bekerja dengan semestinya), sehingga berisiko kena obesitas dan diabetes.

Penelitian lain menyebutkan bahwa tidur di ruangan dengan suhu dingin bisa menstimulasi jenis lemak yang disebut brown fat yang dapat membakar lebih kalori dan terbukti bisa meningkatkan kepekaan insulin. Dalam sebuah penelitian tahun 2014, sekelompok pria sehat menghabiskan waktu sebulan tidur di ruangan dengan suhu 18 derajat celcius.

Setelah sebulan, kandungan brown fat dalam tubuh mereka meningkat 42% dan aktivitas metabolisme lemak meningkat 10%. Kenapa bisa begitu? Para peneliti menduga efek menggigil karena kedinginan itulah yang bisa membantu proses pembakaran kalori lebih cepat.

Artikel Selanjutnya : Cegah Pikun Dengan Jaga Tekanan Darah Tetap Normal

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213