Selalu ada pertanyaan, mengapa ketika berhenti merokok malah membuat tubuh jadi sakit. Berhenti merokok pada umumnya mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Terkadang efeknya membawa ketikdaknyamanan saat perokok menghentikan asupan nikotin mereka.

Bila Anda juga pernah mengalami hal ini, ada alasan mengapa berhenti merokok membuat kondisi tubuh seakan menjadi lemah.

Berhenti merokok tak hanya berpengaruh secara fisik, tetapi juga mempengaruhi secara psikologis. Misalnya, terjadi perubahan mood dan timbulnya godaan untuk kembali merokok. Meski berhenti merokok malah menimbulkan sakit, yakinlah bahwa ada efek baik untuk kesehatan Anda ke depannya.

Supaya tujuan Anda berhenti merokok tetap lancar, lakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi gejala penarikan nikotin.

  1. Konsumsi makanan sehat

Salah satu efek ketika Anda menghentikan asupan nikotin adalah meningkatnya nafsu makan. Banyak orang terjebak untuk mengonsumsi makanan yang enak, manis, dan cepat saji.

Namun, tetaplah untuk mengonsumsi makanan sehat dan berserat, untuk menghindari kenaikan berat badan berlebih.

Baca juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Dahi

  1. Kelola stres secara sehat

Godaan merokok biasanya muncul ketika Anda sedang berada dalam kondisi stres dan tertekan. Tentu Anda tak ingin gejala penarikan nikotin yang menimbulkan efek sakit terulang kembali saat Anda memutuskan berhenti merokok, bukan?

Anda perlu mengelola stres dengan cara yang lebih sehat melalui yoga atau meditasi. Perlahan Anda akan terbiasa menghadapi stres dengan cara yang tenang.

  1. Berolahraga

Berhenti merokok malah sakit? Anda tetap bisa mengatasi efek penarikan nikotin dengan cara berolahraga. Selain dapat menyehatkan organ tubuh lainnya, olahraga dapat menjadi pelarian Anda ketika godaan merokok datang.

Alihkan godaan merokok dengan berolahraga, misalnya jalan sehat, jogging, atau berenang. Rutin melakukan olahraga ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama masa penarikan nikotin.

source: hellosehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213