Manfaat Makan Apel Dua Buah Setiap Hari

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam American Journal of Clinical Nutrition, disebutkan bahwa orang dewasa yang rutin makan apel setidaknya satu atau dua buah setiap hari akan memiliki kesehatan jantung yang jauh lebh baik.

Bahkan, rutin mengonsumsi buah apel potong dianggap bisa menurunkan kadar kolesterol total hingga 4 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsinya dalam bentuk jus.

Manfaat ini diperoleh karena apel tinggi kandungan serat dan nutrisi yang disebut dengan polifenol. Kandungan ini bisa menurunkan risiko kolesterol tinggi, aterosklerosis, dan masalah pada pembuluh darah lainnya yang bisa menyebabkan datangnya penyakit mematikan layaknya serangan jantung dan stroke.

Sebagai informasi, penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 40 orang partisipan. Para partisipan ini kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yakni yang rutin makan apel dua buah setiap hari dan mengonsumsi jus apel. Setelah dua bulan, barulah diketahui bahwa penurunan kadar kolesterol pada kelompok partisipan yang makan buah apel lebih baik dibandingkan dengan yang rutin minum jus.

“Meskipun angka terlihat kecil, dalam realitanya penurunan kadar kolesterol bisa memberikan dampak yang sangat besar bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kami pun sangat merekomendasikan makan apel dua kali sehari,” ucap salah satu peneliti yang terlibat, dr. Thanasis Koutsos.

Hanya saja, penelitian ini belum benar-benar mengungkap apakah kandungan serat dan polifenol adalah penyebab utama mengapa kadar kolesterol partisipan menurun. Penelitian lainnya pun akan dilakukan demi benar-benar memastikannya.

Tak hanya bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, pakar kesehatan menyebut ada manfaat kesehatan lain dari rutin makan buah apel setiap hari.

Berikut adalah manfaat rutin makan 2 buah apel dibawah ini.

Baca juga: Dampak dan Tips Memilih High Heels bagi Bumil

  1. Meningkatkan Fungsi Memori

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada 2006 silam, disebutkan bahwa rutin makan apel akan membuat kesehatan dan fungsi otak semakin meningkat. Hal ini tentu akan membuat fungsi kognitif dan memori semakin membaik. Kita pun tidak akan mudah lupa dan menurunkan risiko terkena penyakit degeneratif seperti demensia.

  1. Menyehatkan Usus

Buah apel tinggi kandungan pektin dan serat yang bisa berperan sebagai prebiotik, kandungan yang bisa menyehatkan usus. Kandungan ini juga bisa membuat bakteri baik di dalam usus berkembang sehingga membantu fungsi pencernaan dan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Tak hanya membuat kondisi usus semakin sehat, rutin makan apel akan membuat asupan vitamin C harian tercukupi. Hal ini akan berimbas pada semakin meningkatnya sistem imun tubuh yang membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Apel kaya akan kandungan antioksidan. Salah satunya adalah flavonoid yang memiliki peran layaknya inhibitor ACE yang bisa memperlancar peredaran darah. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kandungan potasium yang bisa menjaga tekanan darah tetap normal. Rutin mengonsumsinya tentu akan mencegah masalah hipertensi.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Meski rasanya tergolong manis, dalam realitanya rutin makan apel justru bisa menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini disebabkan oleh kandungan seratnya yang tinggi yang bisa membantu menjaga kadar gula darah. Penderita diabetes bahkan sangat direkomendasikan untuk rutin mengonsumsi buah ini demi mencegah komplikasi.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213