Makanan Ini Cegah Kanker

4 Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara

Makanan Ini Cegah Kanker – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang mengancam bagi setiap wanita. Walau Anda merasa baik-baik saja, sehat dan tak merasa ada yang perlu dikhawatirkan, bukan berarti Anda bisa abai dengan serangan kanker payudara. Karena seringkali penyakit bisa terjadi tanpa bisa diduga.

Salah satu cara menghindarkan diri dari penyakit ini yaitu menjaga pola makan sehat. Beberapa jenis makanan bahkan memiliki kemampuan pencegahan kanker.

Dengan menambahkannya ke dalam menu diet, tubuh akan dengan mudah menangkal penyakit mematikan ini.

Salah satu cara mencegah serangan kanker payudara adalah dengan makan makanan sehat. Beberapa makanan dipercaya bisa menjauhkan kanker payudara dari hidupmu karena kandungan nutrisinya yang hebat. Berikut adalah 4 Makanan yang Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara:

1. Kedelai

Makanan berbasis kedelai, baik itu kacang kedelai asli, edamame, tempe, tahu dan susu kedelai adalah makanan yang bisa menurunkan kanker payudara. Tapi jika ada mutasi gen BRCA2, kedelai perlu dihindari, karena penelitian 2013 yang terbit dalam American Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa kedelai dan makanan olahannya bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

2. Ikan

Ikan salmon, sarden, tuna, makarel dan ikan laut lainnya memiliki asam lemak omega 3 yang mampu membantu menurunkan inflamasi dalam tubuh. Penelitian tahun 2014 dalam jurnal Cancer Causes & Control menunjukkan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 tiap hari bisa turunkan risiko kanker payudara. Jika beli ikan terlalu repot, bisa juga mengonsumsi kapsul minyak ikan.

3. Minyak zaitun

Minyak zaitun termasuk lemak sehat, dan menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam JAMA, menambahkan 4 sendok makan minyak zaitun ke dalam salad buah dan sayur mampu menurunkan risiko kanker payudara hingga 68%.

4. Buah dan sayur

Banyak penelitian, yang menemukan bahwa diet sehat buah dan sayur bisa menurunkan risiko kanker payudara karena tingginya antioksidan di dalamnya. Serat dalam buah dan sayur juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh secara umum. Tapi Anda perlu mengurangi buah yang terlalu manis seperti buah pisang dan mangga untuk menjaga gula darah.

Artikel Selanjutnya : Manfaat Konsumsi Ikan bagi Kesehatan Tubuh

source: vemale.com

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213