Apakah Diet Gluten Baik?

Apa Diet Gluten Selalu Baik Bagi Kesehatan? Ini Penjelasannya

Apakah Diet Gluten Baik? – Diet gluten adalah sebuah program diet yang meniadakan protein gluten di menu santapan sehari-hari. Gluten biasa ditemui pada produk yang berasal dari tanaman serealia atau biji-bijian, seperti gandum utuh.

Diet bebas gluten ini awalnya ditujukan untuk para penderita celiac disease, yaitu suatu gangguan pencernaan yang timbul akibat konsumsi makanan atau minuman yang mengandung protein gluten.

Kadang-kadang gluten juga terkandung pada makanan-makanan seperti daging olahan, saus tiram, nasi, perasa, pengawet, dan beberapa jenis obat-obatan.

Tetapi, makanan yang aman untuk dikonsumsi untuk orang-orang yang menerapkan diet gluten free di antaranya adalah daging, ikan, buah-buahan, sayur-sayuran, nasi, kentang, lentil, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Diet gluten juga diaplikasikan oleh sebagian orang yang tidak memiliki masalah kesehatan akibat konsumsi gluten. Bahkan timbul beberapa anggapan bahwa diet gluten dapat meningkatkan kualitas kesehatan, karena dapat menurunkan berat badan dan menambah energi.

Apakah Diet Gluten Baik? – Belum jelas apakah diet gluten memang bisa meningkatkan kualitas kesehatan, terutama saluran pencernaan. Gluten memang bisa meredakan gejala nyeri akibat masalah di saluran pencernaan dan mengurangi proses peradangan.

Mengurangi asupan yang diolah dari biji-bijian, seperti tepung dan lainnya yang juga mengandung karbohidrat, nyatanya terbukti dapat menurunkan berat badan.

Hingga kini belum banyak penjelasan medis yang bisa memastikan manfaat diet gluten bagi kesehatan, sebab ada resiko yang bisa dialami bila menjalankan diet tersebut.

Kemudian, para pelaku diet gluten memiliki kemungkinan kekurangan beberapa nutrisi dalam asupannya, yaitu seperti serat, zat besi, kalsium, asam folat, riboflavin, niacin, dan thiamin. Hal tersebut bisa saja menyebabkan malnutrisi.

Saat Anda tidak mengalami celiac disease, alangkah baiknya menghindari diet gluten. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan ideal, Anda bisa melakukan jenis diet lainnya yang fokus pada pembatasan asupan karbohidrat, bukan meniadakannya sama sekali.

Artikel Selanjutnya : 4 Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Kanker Payudara

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213