Manfaat Konsumsi Ikan

Manfaat Konsumsi Ikan bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Konsumsi Ikan – Sebuah penelitian telah mengungkapkan bahwa makan ikan setidaknya seminggu sekali bisa membantu untuk tidur lebih nyenyak dan memiliki IQ lebih baik. Peneliti inipun menganjurkan agar anak-anak mengonsumsi ikan.

Namun konsumsi ikan di Indonesia juga rendah, yaitu 32,24 kilogram per kapita per tahunnya. Sebaliknya, permintaan akan daging sapi sebagai sumber protein masih lebih tinggi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengimbau agar masyarakat tidak terlalu bergantung pada daging sapi dan menggalakkan program gemar makan ikan.

Dengan mengonsumsi ikan produksi negeri sendiri, rakyat Indonesia bisa membantu menaikan taraf hidup nelayan. Dengan bertambahnya permintaan pasar terhadap ikan, tentu geliat perekonomian nelayan akan dapat kita lihat.

Selain dapat membantu meningkatkan taraf hidup nelayan, mengonsumsi sumber pangan dari laut, khususnya ikan, juga dapat memberikan keuntungan bagi diri kita.

Sebuah studi  menemukan rata-rata tingkat IQ empat poin lebih tinggi pada orang yang mengkonsumsi ikan dibandingkan dengan mereka yang jarang makan ikan atau tidak sama sekali. Penelitian tersebut dimuat dalam jurnal Scientific Reports.

Penulis utama Jianghong Liu mengatakan mereka melihat Omega-3 yang berasal dari makanan dan bukan dari suplemen. Omega-3 juga mengurangi perilaku anti-sosial dan tidak mengherankan ada ikan ada di belakangnya.

Pada penelitian, tim menganalisis 541 anak berusia 9 sampai 11 tahun di China. Sekitar 54 persen anak laki-laki dan 46 persen anak perempuan menyelesaikan kuesioner tentang seberapa sering mereka mengkonsumsi ikan dalam satu bulan, dengan pilihan mulai dari “tidak pernah” menjadi “setidaknya satu kali per minggu”.

Anak-anak ini juga melakukan tes IQ, yang menguji secara verbal dan nonverbal, seperti kosakata dan coding. Kemudian, orangtua menjawab pertanyaan tentang kualitas tidur dengan menggunakan Kuesioner Kebiasaan Tidur Anak Standar.

Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang melaporkan makan ikan mingguan mencetak 4,8 poin lebih tinggi pada ujian IQ daripada mereka yang mengatakan “jarang” atau “tidak pernah” mengkonsumsi ikan. Anak-anak yang kadang-kadang makan ikan skornya 3,3 poin lebih tinggi.

Artikel Selanjutnya : 7 Makanan Ini Bisa Bantu Anda Panjang Umur

source: health.liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213