" />Buah yang Efektif Atasi Batuk - Rumah Sakit Harum Sismamedika

Batuk adalah kondisi yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Umumnya, batuk akan sembuh dengan sendirinya selang beberapa waktu, atau dengan cara mengonsumsi obat-obatan. Akan tetapi, tahukah Anda kalau batuk juga bisa diredakan menggunakan buah-buahan? Simak dibawah ini untuk info lebih lanjut.

Ada sejumlah buah-buahan yang dipercaya tidak kalah efektif dibandingkan obat kimia dalam mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

Apa saja macam-macam buah pereda batuk tersebut?

1. Jeruk

Buah untuk batuk yang pertama adalah jeruk. Ya, mengonsumsi jeruk saat sedang batuk diklaim dapat meredakan kondisi ini (meskipun tidak instan).

Manfaat jeruk untuk meredakan batuk dikarenakan buah berwarna oranye ini diperkaya oleh vitamin C yang mana vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi jeruk secara langsung maupun mengolahnya menjadi jus atau minuman hangat. Konsumsilah secara rutin 1-2 kali sehari sampai batuk hilang.

2. Lemon

Buah pereda batuk selanjutnya masih berkerabat dengan jeruk, yakni lemon.

Sama seperti ‘saudaranya’ tersebut, manfaat lemon dalam mengatasi batuk—bahkan batuk berdahak sekalipun—dihasilkan oleh vitamin C yang terkandung di dalamnya.

Minumlah air perasan jeruk lemon yang sudah dicampur madu sebanyak 1-2 kali sehari sampai gejala batuk benar-benar mereda.

3. Nanas

Berbicara tentang buah pereda batuk, nanas adalah buah yang tidak boleh dilewatkan.

Buah dengan daging berwarna kuning ini dikatakan bisa mengatasi batuk oleh karena memiliki kandungan zat antiinflamasi bernama Bromelain. Zat ini dipercaya juga memiliki sifat mukolitik, yakni dapat menghilangkan lendir atau dahak yang biasa muncul saat batuk.

Anda disarankan untuk mengonsumsi buah nanas secara langsung guna mengatasi batuk alih-alih mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus. Pasalnya, nanas yang dijadikan jus memiliki kandungan bromelain yang lebih sedikit. Tanyakan lebih lanjut pada dokter mengenai hal ini.

Baca juga: Fungsi dan Cara Membersihkan Telinga Bayi

4. Cabai

Buah yang terkenal akan rasa pedasnya ini ternyata juga bisa dijadikan ‘obat’ batuk alami yang cukup efektif, lho!

Menurut penelitian, capsaicin (zat yang menghasilkan rasa pedas) yang terkandung di dalam cabai mampu meredakan gejala batuk kronis sekalipun. Akan tetapi, pastikan jika Anda tidak memiliki masalah pada sistem pencernaan sebelum mengonsumsi buah untuk batuk yang satu ini.

5. Pisang

Kandungan vitamin B6 pada buah yang berasal dari famili Musaceae ini juga disebut-sebut ampuh dalam meredakan gejala flu, salah satunya batuk.

Anda bisa mengonsumsi pisang secara langsung, atau mengolahnya menjadi bubur pisang lalu ditambahkan madu. Konsumsilah secara rutin 1-2 kali sehari (atau sesuai arahan dokter) sampai batuk mereda.

6. Beri

Munculnya gejala batuk berkaitan erat dengan lemahnya sistem kekebalan tubuh. Oleh sebab itu, salah satu cara agar batuk cepat hilang adalah dengan meningkatkan kinerja sistem imun itu sendiri.

Buah beri (stroberi, blueberry, cranberry) mengandung senyawa flavonoid berupa anthocyanins. Di samping fungsinya sebagai pemberi warna, anthocyanins ini ternyata—menurut sejumlah penelitian—memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri, pun dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

7. Alpukat

Di balik kelezatan yang ditawarkan, alpukat juga ternyata memiliki manfaat kesehatan yakni bisa meredakan gejala batuk.

Kandungan asam oleat di dalam buah dengan nama ilmiah Persea americana ini menurut sejumlah penelitian efektif dalam mengurangi peradangan, sekaligus berperan penting dalam meningkatkan kinerja sistem imun tubuh.

8. Pepaya

Jangan lupakan juga buah yang satu ini sebagai obat alami untuk mengatasi batuk yang sedang Anda alami.

Masuknya pepaya ke dalam daftar buah untuk batuk dikarenakan buah yang kaya akan serat ini juga mengandung vitamin B9 yang mana vitamin tersebut pun memiliki fungsi sama yakni membantu meningkatkan kinerja sistem imun tubuh sehingga proses penyembuhan batuk bisa berjalan optimal.

Anda bisa mengonsumsi pepaya secara langsung maupun diolah menjadi jus guna mendapatkan manfaatnya. Konsumsilah secara teratur 1-2 kali sehari sampai batuk mereda.

9. Kiwi

Sama seperti jeruk dan lemon, alasan kiwi menjadi salah satu buah pereda batuk adalah karena adanya kandungan vitamin C di dalamnya. Mengonsumsi buah dengan nama ilmiah Actinidia deliciosa ini dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga proses pemulihan batuk bisa berlangsung lebih cepat.

Konsumsilah buah ini secara rutin 1-2 kali sehari baik itu dengan cara dimakan langsung maupun dijadikan minuman jus. Campurkan dengan madu guna menambah efektivitasnya.

10. Mangga

Lagi-lagi berkaitan dengan vitamin C, kali ini ada mangga sebagai buah untuk batuk yang juga bisa Anda konsumsi jika ingin batuk sembuh lebih cepat.

Anda bisa memakannya secara langsung atau menjadikannya minuman jus. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan madu agar efektivitasnya semakin bertambah. Konsumsilah secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam sehari sampai batuk sembuh.

11. Apel

Buah yang satu ini juga diperkaya dengan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk dapat memproteksi diri dari ancaman penyakit, pun mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang sudah telanjur datang, salah satunya gejala batuk.

Apel dapat dimakan langsung, atau Anda bisa mengolahnya menjadi minuman jus. Apapun pilihannya, konsumsilah buah ini secara rutin agar batuk sembuh lebih cepat.

Baca juga: Manfaat Rutin Makan 2 Buah Apel

12. Jambu Biji

Jambu biji sudah sejak lama dipercaya sebagai ‘buahnya orang sakit’. Buah yang memiliki daging berwarna merah muda ini utamanya dianggap efektif untuk meningkatkan volume darah pada penderita penyakit seperti demam berdarah.

Akan tetapi, Anda juga harus tahu jika jambu biji juga merupakan obat pereda batuk. Manfaat jambu biji ini tak lepas dari kandungan vitamin C yang bekerja dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga gejala batuk bisa lebih cepat sembuh.

13. Delima

Batuk yang Anda alami bisa saja disebabkan oleh adanya infeksi, khususnya infeksi bakteri. Untuk kasus ini, buah delima mungkin dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi batuk tersebut.

Berdasarkan sebuah studi, delima (Punica granatum) adalah buah dengan kandungan zat yang bersifat antibakteri dan antivirus. Mengonsumsi buah ini secara rutin 1-2 kali sehari baik secara langsung maupun diolah menjadi jus diharapkan dapat membuat batuk hilang lebih cepat.

Itulah beberapa buah yang efektif atasi batuk, semoga bermanfaat untuk kita semua. Selamat mencoba.

source: doktersehat.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213