Alasan terbangun tidur tengah malam, tidur yang berkualitas tentunya dapat membuat tubuh lebih sehat dan bangun dalam kondisi segar pagi harinya. Namun tidak jarang masalah datang ketika tidur, misalnya saat terbangun di tengah malam.

Yang menjengkelkan jika terbangun di tengah malam dan sulit untuk kembali tidur. Akhirnya, tidur yang berkualitas selama 7-9 jam pun tidak berhasil didapat.

Pernah kah kamu berpikir mengapa bisa terbangun di tengah malam bahkan saat tidur sangat lelap? Berikut jawabannya

Baca juga: Inilah Mitos Soal Tidur Yang Membahayakan Kesehatan

1. Ada masalah di kamarmu

Jika kamu sering terbangun di tengah malam, coba cek apa ada masalah di kamarmu. Hal yang paling mudah membuat seseorang terbangun adalah masalah fisik, seperti ruangan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu terang, atau ada masalah pada pintu yang tidak rapat ditutup.

2. Kecemasan

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa saat kamu tertidur bisa terjadi serangan cemas. Misalnya karena mimpi buruk dan menyebabkan detak jantung meningkat, secara otomatis akan membangunkan dari tidurmu.

3. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif

Kelenjar tiroid berfungsi untuk mengontrol beberapa organ tubuh lain. Jika kelenjar ini terlalu aktif, produksi hormon tiroksin pun meningkat. Hasilnya, peningkatan denyut jantung, keringat berlebih, gelisah, atau tremor bisa terjadi bahkan saat kamu sedang tidur.

4. Sindrom kaki gelisah

Alasan terbangun tidur tengah malam yang lain ialah dimana ada seorang dengan sindrom ini mungkin mengalami sensasi tidak nyaman di kaki dan rasa kedinginan yang tak tertahankan dan sulit untuk digerakkan. Gejala ini biasanya terjadi pada malam hari saat kamu tidur.

Masalah ini biasanya karena kekurangan zat besi. Obat-obatan penambah zat besi atau mandi air hangat dapat membantu menghilangkan gejala tersebut.

Baca juga: Serangan Jantung Bisa Terjadi Kapan Saja Lho!

5. Sleep apnea

Sleep apnea merupakan kondisi medis umum di kalangan orang dewasa dan orang tua yang dapat mengganggu kualitas tidur. Gangguan ini memperlambat bahkan bisa menghentikan pernapasan saat tidur. Nah masalah tidur seperti ini juga kerap mengganggu tidurmu dan membuatmu terbangun di tengah malam.

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213