Sikat Gigi Sebelum atau Setelah Sarapan

Sikat gigi sebelum atau setelah sarapan kerap menjadi dilema. Sikat gigi setelah sarapan dianggap lebih baik, karena mencegah penampilan tampak buruk karena sisa makanan yang nyelip atau bau napas.

Namun demi kesehatan gigi, kebiasaan tersebut tampaknya perlu diubah. Sikat gigi lebih baik dilakukan sebelum sarapan. Selanjutnya jangan lupa kumur untuk membersihkan sisa sarapan dan mencegah bau napas.

Baca juga: Kopi dan Teh Mana yang Lebih Sehat?

“Sikat gigi sebaiknya sebelum sarapan. Jika harus dilakukan setelah sarapan sebaiknya beri jeda 30 menit. Waktu tunggu menjamin tingkat keasaman di mulut kembali normal. Jika ingin lebih cepat bisa dilakukan dengan berkumur air putih, yang punya tingkah keasaman cenderung basa,” kata Dr Scott Frey dari Freysmiles.

Langsung sikat gigi setelah makan atau minum, apalagi yang mengandung asam, berisiko membahayakan lapisan pelindung gigi. Dengan enamel yang lemah, gigi bisa mengalami abrasi dan makin sensitif.

Keuntungan lain adalah mengembalikan salivation process dalam rongga mulut. Air liur yang menutupi rongga mulut memudahkan proses mengunyah dan mengolah makanan. Sikat gigi sebelum sarapan juga memberi lapisan fluoride untuk melindungi dari asam dan gula yang berisiko merusak gigi.

Itulah penjelasan dari sikat gigi sebelum atau setelah sarapan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih

source: health.detik.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213