7 Makanan Ini Bisa Membantu Penderita Psoriasis

Berikut adalah 7 makanan yang bisa membantu penderita Psoriasis.

1. Minyak zaitun

Tidak semua minyak goreng diciptakan sama. Minyak zaitun, misalnya, memiliki lemak omega-3 yang bagus sebagai anti peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka makan buah-buahan, sayuran, ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh, bersama dengan minyak zaitun, akan memiliki gejala psoriasis yang lebih ringan. Jenis minyak lainnya yang baik adalah minyak alpukat.

2. Buah-buahan

Buah-buahan memiliki antioksidan, serat, dan vitamin yang berguna melawan peradangan. Untuk mendapatkan hasil terbaik, makanlah berbagai jenis buah berwarna. Masing-masing buah memiliki campuran nutrisi sendiri, misalnya buah beri, ceri, dan apel memiliki antioksidan yang disebut polifenol, sedangkan jeruk dan melon mengandung vitamin C. Sementara nanas memiliki enzim anti peradangan yang disebut bromelain.

3. Sayuran berwarna hijau gelap

Sayuran jenis ini kaya akan antioksidan, senyawa yang dapat melindungi sel-sel Anda dari peradangan. Ditambah, sayuran hijau gelap ini rendah kalori dan tinggi serat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Seperti yang telah diketahui, psoriasis bisa makin parah jika penderitanya obesitas.

4. Ikan berlemak

Asam lemak omega-3 dari ikan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya psoriasis. Anda bisa mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 6 ons ikan berlemak dalam seminggu dapat memperbaiki gejala psoriasis. Tak hanya itu, lemak sehat juga dapat menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Ikan yang baik untuk penderita psoriasis adalah salmon, tuna, sarden, dan hering.

5. Gandum utuh

Gandum utuh yang kaya serat bisa meredakan peradangan. Di sisi lain, gandum utuh juga dapat membantu Anda langsing, dan penelitian menunjukkan bahwa menurunkan berat badan ke arah ideal dapat membantu mengatasi gejala psoriasis. Anda bisa memilih quinoa, barley (jelai), dan bulgur sebagai pilihan gandum utuh. Perhatikan juga bahwa label “multigrain” pada suatu produk bisa menipu, jadi pastikan makanan benar-benar berbahan whole grain.

6. Kacang-kacangan

Seperti kacang merah, kacang pinto, dan kacang chickpea — adalah sumber protein, serat, dan antioksidan yang baik. Selain membantu menjaga berat badan, kacang-kacangan tersebut mampu meredakan peradangan di tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa diet vegetarian dapat membantu meringankan gejala psoriasis.

Selain itu, kacang-kacangan seperti kacang almon, kacang kenari, dan kacang pistachio juga baik untuk kesehatan karena dapat memerangi berbagai macam peradangan di dalam tubuh. Kacang-kacangan jenis ini juga sarat dengan nutrisi, lemak sehat, dan serat.

7. Rempah-rempah

Rempah-rempah juga merupakan sumber utama antioksidan dan anti peradangan. Anda dapat menambahkan kayu manis atau pala di sereal Anda atau makanan lainnya. Atau, membumbui daging rendah lemak Anda dengan jintan atau basil.

source: klikdokter.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213