Mungkin ada beberapa gejala asam urat yang sudah Anda ketahui Namun, disini kami ada beberapa tanda dan gejala asam urat serta tahapan nya juga. Simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Tanda asam urat dan gejalanya, asam urat pada awalnya bisa jadi tidak menimbulkan gejala yang berarti. Gejalanya mulai tampak dan terasa ketika serangan berlangsung atau pada saat penyakit ini sudah berlangsung lama (kronis).

Tanda dan gejala asam urat yang paling sering terjadi adalah sebagai berikut :

  • Sendi mengalami bengkak dan lunak
  • Nyeri pada sendi parah dan mendadak yang sering terjadi pada pagi hari
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi

Gejala penyakit ini tidak bisa di prediksi kapan terasanya, meski cenderung sering terjadi pada tengah malam. Sebagian besar gejala ini hanya terjadi selaa beberapa jam dalam 1 hari. Namun demikian, pada kasus yang sangat parah nyeri pada sendi bisa saja terjadi berminggu-minggu. Ada pula yang merasakan gejala hingga 6 hingga 12 bulan dengan intensitas nyeri yang berbeda tiap harinya.

Baca juga : 

Pada tanda dan gejala diatas, ada kemungkinan tanda dan gejala tidak di sebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran, silahkan konsultasikan kepada Rumah Sakit dan Klinik terdekat.

Untuk tahapan penyakit asam urat  ada 3 berdasarkan tingkat keparahannya, sebagai berikut :

  • Tahap Pertama. Pada tahap ini kadar uric acid sudah naik di dalam darah, tetapi belum ada gejala penyakit yang muncul. Bisa saja Anda tidak akan pernah merasakan gejala kondisi ini Biasanya, orang yang mengalami hal ini, baru akan merasakan gejalanya pertama kali setelah terserang penyakit batu ginjal.
  • Tahap Kedua. Uric acid telah membentuk kristal-kristal yang biasanya terjadi pada bagian jari kaki. Dalam tahap ini, Anda baru akan merasakan nyeri dan sakit pada sendi, tetapi tidak berlangsung lama. Selang beberapa waktu kemudian, Anda baru akan mengalami gejala lainnya dengan intensitas dan frekuensi yang semakin sering.
  • Tahap ketiga. Gejala terasa tak kunjung hilang dan kristal-kristal asam urat yang terbentuk tidak hanya menyerang satu sendi saja. Bahkan, dalam tahap ini akan muncul gumpalan-gumpalan zat tersebut yang sudah mengkristal di bawah kulit. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri yang lebih parah dan dapat merusak tulang-tulang rawan.

Sebagian beasr orang yang menderita penyakit asam urat, mengalami mulai dari tahap pertama atau kedua saja. Karena sangat jaarang orang yang ditemukan telah mencapai tahapan ketiga.

Apabila nyeri asam urat Anda sudah lumayan cukup lama, lebih baik segera diperiksa ke RS atau Kinik terdekat.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213