Hati-hati, Banyak Teori Hoax Tentang Kanker di Internet

Baking soda dapat menyembuhkan kanker payudara dan deodoran dapat memicu kanker payudara, ini adalah beberapa teori mitos yang beredar di media online. Teori palsu lainnya adalah penderita kanker dilarang mengonsumsi gula dan mamogram dapat menyebabkan sel tumor ganas menyebar ke anatomi tubuh lainnya.

Macmillan Cancer Support bersama timnya merasa khawatir dengan penderita kanker payudara yang semakin meningkat tiap tahunnya. Mereka lebih suka lari ke google ketimbang memeriksakan diri ke rumah sakit.

Willen McPake, spesialis perawat digital baru Macmillan banyak paiennya yang terjebak dalam berita-berita seputar kanker di internet dan tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dilansir dari Daily Mail, Berikut adalah beberapa ketidakakuratan tentang kanker di internet:

 

1. Deodoran menyebabkan kanker

Beberapa ilmuwan telah mengklaim bahwa senyawa berbasis aluminium pada antiperspirant dapat memicu perkembangan tumor. Mereka berpendapat senyawa ini dapat terbentuk di jaringan payudara dan menghasilkan beberapa efek mirip estrogen, yang mendorong pertumbuhan kanker.

Faktanya menurut Macmillan Cancer Support adalah bahwa tidak ada bukti substansial yang menyarankan aluminium dapat berkontribusi pada risiko kanker payudara yang lebih besar. Selain itu almunium akan tak bisa diserap oleh kulit.

2. Baking soda menyembuhkan kanker payudara

Teori ini mengklaim, sel kanker tumbuh subur di lungkungan yang asam, zat alkalin seperti baking soda dapat mencegah tumor kanker berkembang. Sayangnya, baking soda atau diet basa tidak akan mencegah atau menyembuhkan kanker.

Bahkan perwira militer Inggris Naima Houder-Mohammed telah mencoba pengobatan dengan teknik alkali (infus soda) ini dengan mengeluarkan dana hingga ribuan dollar. Nyawanya tetap tak selamat.

3. Superfood dapat menghentikan kanker

Teh hijau, macha, acai beri, blueberry disebut sebagai makanan super yang dapat menurunkan risiko kanker. Definisi ‘makanan super’ berarti makanan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan.

Badan amal kanker tersebut mengatakan belum ada bukti jika makanan tersebut dapat menurangi menghentikan kanker. Namun untuk orang yang fokus pada makanan sehat dan olahraga sangat memungkinkan untuk tak terkena kanker.

source: health.liputan6.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213