5 Tips Cegah Timbulnya Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang banyak mengancam, khususnya untuk para wanita. Dan jika Anda pernah didiagnosis sebelumnya, sebuah penelitian di tahun 2016 lalu, dalam Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa ada kemungkinan kanker payudara itu menyerang lagi, paling tidak dalam lima tahun pertama, atau 1-2 tahun pertama setelah operasi.

Tapi jika Anda belum terkena kanker payudara, lebih bijak jika melakukan langkah pencegahan mulai sekarang. Berikut 5 Tips Cegah Timbulnya Kanker Payudara:

1. Hindari rokok

Meski kemungkinan yang paling umum karena hobi merokok adalah kanker paru-paru, tapi zat kimia dalam rokok bisa memicu banyak penyakit lain, tidak terkecuali memperbesar serangan kanker payudara. Jadi, alangkah baiknya jika Anda punya hobi lain yang lebih bermanfaat dan lebih sehat mulai sekarang.

2. Rutin berolahraga 150 menit per minggu

Sederhana, Anda tak harus olahraga 1 jam setiap hari, yang Anda butuhkan hanya 150 menit (2 jam 30 menit) per minggunya. Penelitian 2017 yang terbit dalam Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa wanita yang rajin olahraga dan pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, mampu menurunkan potensi kambuh sebesar 40%. Dan tentu saja, olahraga jadi cara terbaik mencegah sebelum terserang kanker payudara.

3. Jaga berat badan untuk tidak terlalu gemuk

Punya tubuh chubby boleh saja, asal sehat. Ketahui batasan gemuk yang tidak mengancam kesehatan, karena kegemukan jadi pemicu kanker payudara. Sel lemak melepaskan molekul yang disebut sitokin yang menyebabkan inflamasi dan menurunkan imun tubuh, yang mana akan memicu tumbuhnya tumor atau berkembangnya sel abnormal. Jadi sebaiknya jaga dan pantau berat badan Anda.

4. Kurangi lemak jahat

Lemak jahat seperti lemak jenuh dan lemak trans yang berasal dari daging, gorengan, daging olahan, margarin, makanan kaleng dan lainnya. Karena jenis lemak ini akan membuatmu gemuk dan pada akhirnya ikut meningkatkan risiko serangan kanker payudara.

5. Obat anti-estrogen

Menurut National Breast and Ovarian Cancer Center tahun 2009, Untuk wanita menopause, risiko serangan akan semakin besar karena pengaruh hormonal. Sebagian besar kanker payudara terjadi pada wanita setelah menopause, sekitar 70% terjadi pada wanita di atas usia 50 tahun.

 

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213