Tahukah Anda, terlalu lama duduk berbahaya bagi kesehatan jantung?

Dalam menjalani rutinitas, banyak aktivitas yang kita lakukan dengan posisi duduk dari mulai bekerja di depan komputer, menonton televisi, membaca maupun belajar.

Keseringan duduk dalam jangka waktu pendek, seseorang bisa mengalami keluhan nyeri otot, nyeri pinggang, nyeri punggung dan mudah terasa lelah.

Jika keseringan duduk dalam jangka waktu panjang, seseorang bisa saja mengalami serangan jantung dan stroke tanpa didahului oleh gejala.

Hal ini disebabkan duduk berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada pengaturan lemak dan kolesterol, juga gangguan pada pengaturan gula darah.

Lalu, bagaimana cara menghindarinya? Olahraga ringan seperti jogging, bersepeda maupun jalan kaki sangat direkomendasikan dalam mengimbangi aktivitas agar otot jantung terlatih dan kuat.

Lakukan secara teratur setiap hari, dan bagi para pemula hindari olahraga yang sifatnya kompetitif seperti sepakbola, basket maupun balap lari dsb, karena akan memaksa jantung bekerja keras.

Sesekali sela aktivitas duduk Anda dengan berjalan menghirup udara segar keluar, juga tidak lupa minum air putih secukupnya.

Nah, jika Anda memiliki masalah dengan kesehatan jantung, konsultasikan segera ke dokter spesialis dan pembuluh darah di RS Harum Sisma Medika.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2020 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213