Sahabat sehat, tahukah anda cara mengetahui untuk mendeteksi dini Penyakit Jantung Koroner (PJK) pada seseorang? Salah satunya adalah dengan cara tes Treadmill.
Deteksi dini PJK pada seseorang dapat mendeteksi adanya faktor resiko tinggi dan faktor resiko utama yang berkaitan dengan PJK seperti diabetes militus, tekanan darah tinggi, dan kadar kolesterol.
Maka deteksi dini penting untuk mencegah serangan jantung.
Tes Treadmill penting dilakukan bagi mereka yang memiliki resiko penyakit jantung seperti hipertensi, diabetes, kolesterol jahat tinggi, genetik dan merokok.

Penderita dengan keluhan yang menyerupai gejala penyakit jantung misalnya nyeri dada dan sesak napas, penderita dengan faktor resiko PJK seperti riwayat keluarga, usia lanjut, kolesterol jahat tinggi, diabetes dan hipertensi kemudian nanti ada evaluasi.

Ada berbagai panduan seputar test treadmill dan persiapan sebelum pemeriksaan :
1. Sebaiknya tidak melakukan test ini dalam keadaan perut kosongdan setelah makan,setidaknya beri jarak skitar 2 – 3 jam setelah makan. 2. Pada hari dilakukan tes treadmill hendaknya dalam kondisi bugar tidak merokok, minum kopi atau alkohol.
3. Obat obatan yang sedang diminum hindari, kecuali ada petunjuk khusus dari dokter.
4. Di rumah sakit kita di sediakan baju khusus untuk test treadmill, bila nyaman membawa sendiri gunakan pakaian yang longgar.
5. Dada dan perut akan di tempeli 10 elektroda dan elekroda tersebut terhubung ke monitor.

Pada saat sebelum, selama, dan sesudah melakukan treadmill tekanan darah akan di ukur secara berkala dan EKG akan di monitor dan di rekam secara berkala.
Lamanya test dimulai dari penempelan elektroda dan pencabutan elektroda biasanya tak lebih dari setengah jam.
Lamanya berjalan atau berlari tergantung dari umur dan tingkat kebugaran.

Nah Sahabat, konsultasikan kesehatan anda di Rumah Sakit Harum.
Untuk informasi dan pendaftaran silahkan menghubungi 021-8617212 ext. 818,104,141 sismamedika

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213