Sahabat Sehat, pada tanggal 4 Februari 2019 lalu kita memperingati hari Kanker Sedunia.
Salah satu Kanker Darah atau Leukemia ini wajib kita waspadai dan peduli. Di ketahui kanker darah atau Leukemia merupakan kanker darah dan sumsum tulang, dimana keganasanya menyebabkan produksi abnormal sel-sel darah tertentu. Ketika sel darah yang tidak sehat mengaliri sel-sel sehat, fungsi darah mulai terputus dan bisa terjadi gejala gejala fisik.
Penyakit ini dapat berkembang perlahan dan memburuk dari waktu ke waktu. Hanya saja terkadang kita sering mengabaikan gejala Leukemia.
Berikut gejala Leukemia yang sering diabaikan :
1. Sesak Napas. Ketika seseorang lebih lemah dan lebih letih, mereka dapat mengalami sesak napas yang berasal dari anemia.
2. Memar yang berlebihan atau spontan. Memar yang tidak dapat dijelaskan tanpa trauma fisik dapat menjadi salah satu gejala Leukemia. Anda akan memar secara spontan, padahal tidak melakukan apa-apa dan itu bisa terjadi di mana saja, tetapi biasanya terjadi secara ekstrem di bagian kaki dan lengan.
3. Gusi membengkak dan membesar. Peningkatan ukuran gusi juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva, biasanya hanya ditemukan pada sebagian kecil pasien Leukemia akut, namun ini adalah salah satu gejala Leukemia yang paling jelas.
4. Merasa kenyang atau kembung. Salah satu tanda jenis Leukemia kronis dan kadang akut adalah pembesaran limpa yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan.
5. Ruam Kulit. Sekitar 1 dari 20 pasien Leukemia mungkin memiliki ruam kulit yang termasuk dalam salah satu dari dua kategori yaitu Leukemia pada kulit atau ruam yang disebabkan oleh Sindrom Sweet yang umum terkait dengan Leukemia.

Selain lima gejala tadi orang dengan Leukemia merasakan Nyeri sendi, beberapa orang juga akan merasa berkeringat di malam hari hingga pegal atau nyeri pada persendian, mudah infeksi dan demam yang berulang dan gejala lainya adalah sering mimisan.
Segera konsultasikan ke dokter jika anda mengalami gejala – gejala tersebut.

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213