Bisakah Cukupi Kebutuhan Nutrisi Dengan Sarapan Sereal?

Banyak masyarakat modern yang mengubah makanan sarapan mereka menjadi sereal atau roti. Sebagian mencoba mengganti konsumsi nasi di pagi hari dengan buah, sereal, atau roti. Tapi benarkah mengganti jenis sarapan ini baik-baik saja?

“Kalau (sereal) untuk sarapan boleh-boleh saja,” ungkap ahli gizi dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK ditemui Health Liputan6.com. “Tapi tetap harus dikombinasikan dengan protein yang cukup. Misalnya sereal dipadukan dengan susu. Itu boleh saja, atau sereal dengan protein yang lain mau telur, ayam, boleh-boleh saja,” ungkap dokter yang disapa Lita itu.

Beliau juga menggaris bawahi pentingnya asupan nutrisi yang lengkap. Khususnya bagi orang-orang muda yang memiliki jadwal kegiatan sangat padat hingga terkadang, tidak mengenal waktu. “Karbohidrat merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi,” kata Lita menambahkan.

Dokter Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) itu mengatakan, adanya serat pada bahan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti oat, beras merah, atau gandum, membuat glukosa hasil pencernaan karbohidrat akan dilepaskan secara perlahan. Sehingga, tubuh selalu berenergi.

“Selain itu dapat lebih mengenyangkan dan dalam jangka panjang, lebih sehat untuk tubuh,” paparnya. Bagi Anda yang diet nasi, beberapa makanan yang direkomendasikan Lita di atas bisa menjadi alternatif untuk tetap menjaga nutrisi, sembari tetap aktif dalam berkegiatan.

Beberapa sumber penunjang energi lain seperti vitamin B1, B2, B3, dan B6 serta mineral seperti kalsium dan fosfor juga jangan dilupakan. “Pemilihan makanan atau minuman selingan yang tepat akan mendukung tubuh kita untuk selalu berenergi, oleh sebab itu pilihlah makanan atau minuman selingan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serta vitamin, dan mineral,” pungkassnya.

source: merdeka.com

Write a comment:

*

Your email address will not be published.

© 2019 - RS Harum support by PT. PMI

Telepon Kami       (021) 8617212 , 8617213